Disclaimer

Dunia internet marketing itu BERBEDA dengan program-program semacam HYIP, Ebook Penjual Mimpi Cepat Kaya, Ebook-ebook sampah yang menyuruh menjual ebook itu kembali, Program-program Money Game, Program-program piramida dan Ponzi Scheme, Program-program lain yang hanya menghabiskan waktu dan dana tanpa ada kejelasan.. WASPADALAH! CARI REFERENSI MAKE MONEY ONLINE YANG BENAR DAN BERTANGGUNG JAWAB

Wednesday, February 1, 2012

Pilih Mana : Blog Gratis atau Blog Berbayar?

Rahev - Jika ada yang bertanya, Pilih Mana : Blog Gratis atau Blog Berbayar? ... Maka saya akan menjawab tergantung keperluan, kegunaan, maksud dan tujuan dari kita membuat blog. Jika hanya sekedar belajar menulis ya silahkan ambil yang gratisan dulu tetapi kalau sudah jago menulis dan bermaksud untuk 'make money online via blogging' ya lebih enak dan leluasa untuk memilih blog berbayar dalam arti anda beli domain name dan sewa hosting sendiri.

Berapa uang yang dibutuhkan untuk sewa hosting? Ya tergantung kapasitas dan fasilitas yang anda perlukan.Biasanya ada beberapa paket mulai dari yang paket hosting ekonomis /murah/ personal sampai kelas eksklusif/ mahal untuk blog bisnis. Bahkan jika anda sudah terbiasa ngeblog dan akrab dengan dunia seo atau autoblog ya anda bisa memakai VPS (virtual private server) agar lebih leluasa mengelola blog anda.

Saya punya blog gratis (yang terbaru ya rahev's blog ini) baik di blogspot/blogger maupun di wordpress. Saya juga punya blog berbayar yang menggunakan mesin wordpress.org. Masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Wordpress memang lebih kaya fitur (menurut saya) tetapi wp.com melarang kita memasang iklan. script penghasil dollar (PTC seperti Google Adsense, PTR dll baik yang bule maupun yang lokal). Blogspot memperbolehkan blogger mengais rupiah/ dollar. Kalau soal ini ya tergantung maksud dan tujuan anda ngeblog.

Saya punya blog berbayar. Untuk tahap awal saya memakai paket ekonomis dengan kisaran pengunjung 300-400 UV per hari. Sekarang saya berpikir menyewa VPS karena trafik pengunjung sudah mencapai 2000 UV per hari sehingga saya mendapat teguran dari pihak server karena blog saya dianggap membuat kerja server menjadi lambat akibat ada klik pengunjung dalam jumlah besar dalam waktu yang bersamaan.
Sewa VPS membutuhkan dana lumayan (jutaan rupiah) dan saya harus mempertimbangkan dengan matang sebelum memutuskan hal ini karena begitu saya berkata 'OK" artinya saya harus segera berubah ke blog bisnis penghasil (mesin) uang. Mungkin saya memerlukan team kerja untuk mengelola blog berbayar itu. Tetapi itu masih rencana, saya wajib mempertimbangkan untung ruginya sebelum mengambil keputusan penting.

Kembali ke ... Pilih Mana : Blog Gratis atau Blog Berbayar?

Untuk saat ini dan belajar dari pengalaman, saya menyarankan ambil yang gratisan dulu. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, tetapi apabila blog anda sudah mempunyai PageRank dan Alexa bagus itu artinya blognya bisa menghasilkan uang. Jika anda bertujuan jangka panjang seperti itu maka silahkan ambil gratisan di blogspot/ blogger karena (sampai hari ini, saat postingan ini saya buat) sistem milik Google.com ini lebih bebas dikelola sebagai mesin uang dibandingkan Wordpress.com

Keputusan tetap di tangan anda ... CMIIW :)
rahev

0 comments:

dofollow blog

Silahkan tinggalkan komentar yang SOPAN dan TIDAK MELANGGAR NORMA HUKUM/ ADAT/ AGAMA. Admin TIDAK BERTANGGUNG-JAWAB atas semua komentar yang masuk. BAD LINK/ SPAMMER SAMPAH AKAN SAYA HAPUS - Artikel, gambar ataupun video yang ada di website ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain, dan Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber lain tersebut. Jika Anda keberatan, apabila ada artikel, gambar ataupun video yang merupakan Hak Cipta Anda ataupun tidak berkenan untuk kami tampilkan kembali di website ini, segera beritahukan kepada kami melalui kotak komentar yang ada di bawah posting.